EEPIS Repository

RANCANG BANGUN ANTENA MIKROSTRIP ARRAY LINIER PADA BAND-X SEBAGAI MODUL PRAKTIKUM BERBASIS TRAINER �CASSY LABORATORY�

Siti , Nurfianti and Budi , Aswoyo (2009) RANCANG BANGUN ANTENA MIKROSTRIP ARRAY LINIER PADA BAND-X SEBAGAI MODUL PRAKTIKUM BERBASIS TRAINER �CASSY LABORATORY�. EEPIS Final Project.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://eepis-its.edu

Abstract

Pada dasarnya semua antena memiliki fungsi yang sama yaitu memancarkan dan menerima gelombang elektromagnetik. Akan tetapi yang membedakan antena mikrostrip array dengan antena lainnya karena memiliki bentuk yang kecil (small size), low profile, compact, low weight, dan low fabrication serta mudah untuk di integrasikan dengan sirkuit/ rangkaian dibelakangnya (receiver/transmitter). Oleh karena itu dilakukan analisis mengenai karakteristik radiasinya pada band-X (10,3 GHz). Mikrostrip yang digunakan berbentuk array linier yang terdiri dari 4 elemen dan 6 elemen. Data-data yang dianalisis didapat dari simulasi dan pengukuran. Simulasi dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak, sedangkan pengukuran dilakukan dengan menggunakan trainer Cassy Laboratory yang dilengkapi dengan beberapa antena mikrostrip array linier yang parameternya sudah diubah-ubah. Dengan menggunakan sistem ini dapat membantu mahasiswa dalam praktikum pengukuran pola radiasi secara otomatis dan dapat pula membandingkan hasilnya dengan teori. Hasil dari proyek akhir ini agar trainer �Cassy Laboratory� dapat digunakan sebagai modul praktikum pada mata kuliah Antena dan Propagasi. Kata kunci : antena mikrostrip array linier, band-X , Cassy Laboratory,

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Mr Rony Ponti
Date Deposited: 29 Jul 2011 15:02
Last Modified: 29 Jul 2011 15:02
URI: http://repo.pens.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item