Nilapuspa Fridatama, Nila (2011) Rancang Bangun Sistem Layanan Antrian Rumah Sakit Berbasis Java. EEPIS Final Project.
| PDF Download (598Kb) | Preview |
Abstract
Saat ini, masih banyak instansi / perusahaan yang belum memanfaatkan teknologi untuk memberikan kemudahan bagi para pemakainya. Kesadaran masyarakat tentang keteraturan dan ketertiban juga masih jauh dari sempurna. Hidup antri dapat diterapkan di lingkungan instansi / perusahaan seperti rumah sakit yang memiliki banyak pasien. Banyak pasien yang merasa tidak mendapatkan pelayanan yang baik sebab sistem antrian yang masih konvensional. Pada tugas akhir telah dibuat sistem antrian yang baik dan efektif sehingga memberikan kemudahan bagi pasien. Simulasi antrian menggunakan bahasa pemrograman java, dimana sistem yang akan dibuat meliputi sistem registrasi,mesin pencetak nomor antrian,mesin antrian serta sms gateway. Dari hasil pengujian terlihat bahwa sistem antrian yang dibuat sudah berhasil dengan baik, dimana rata-rata waktu eksekusi yang dibutuhkan untuk registrasi sebesar 51.16 detik. Sedangkan rata - rata waktu eksekusi untuk mendapat nomor antrian via java lebih cepat 46.42 detik dibandingkan via sms dan rata - rata waktu yang diperlukan untuk koneksi server ke printer adalah 1 menit 27.47 detik. Dari hasil survey pada karyawan rumah sakit dan pasien rumah sakit dapat dikatakan bahwa sistem antrian pada rumah sakit berbasis JAVA memiliki penilaian dengan kategori bermanfaat. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase sebesar 85 % karyawan rumah sakit dan 90 % pasien rumah sakit menyatakan sistem antrian ini bermanfaat.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Nila puspa fridatama |
Date Deposited: | 08 Aug 2011 15:31 |
Last Modified: | 08 Aug 2011 15:31 |
URI: | http://repo.pens.ac.id/id/eprint/1009 |
Actions (login required)
View Item |