Entin, Martiana and Rizky, Yuniar Hakkun and Nur, Rosyid M and Miftahul, Firodh (2011) Machine learning dalam Program Chatting untuk Merespon Emosi Teks Berbahasa Indonesia Menggunakan Text Mining dan Naïve Bayes. In: IES 2011 - emerging Technology for Better Human Life, eepis surabaya.
| PDF - Published Version Download (101Kb) | Preview |
Abstract
Komunikasi Verbal tidak hanya terjadi secara lisan, tetapi juga melalui tulisan. Program chatting, surat, atau email merupakan contoh media komunikasi berbentuk tulisan yang sering digunakan. Namun bahasa tulisan mempunyai kelemahan dalam menyampaikan faktor emosi kepada penerima pesan. Kekurangan ini bisa diatasi dengan penggunaan emoticon pada email, chatting, dan media elektronik untuk komunikasi bahasa tulisan. Sehingga sebuah teks tidak hanya menyampaikan keterangan dari suatu informasi, tetapi juga berisi informasi tentang perilaku manusia termasuk emosi. Jenis emosi seperti senang, sedih, marah, takut dan sebagainya telah dikenal sejak lama dan menjadi aspek yang penting dari perilaku manusia. Pada penelitian ini dibahas tentang pembuatan model machine learning dalam aplikasi chatting untuk merespon emosi dari kalimat teks berbahasa Indonesia dengan menggunakan algoritma text mining dengan proses naïve bayes untuk mencari keterhubungan kalimat dengan kelas emosi.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Mrs Devi Miasari |
Date Deposited: | 14 Nov 2011 12:01 |
Last Modified: | 14 Nov 2011 12:01 |
URI: | http://repo.pens.ac.id/id/eprint/1477 |
Actions (login required)
View Item |