yudanis taqwin, rohman (2012) APLIKASI GAME VIRTUAL RUBIK’S CUBE DENGAN MATA TERTUTUP (BLINDFOLDED SOLVING) MENGGUNAKAN ALGORITMA OLD POCHMAN. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Abstract
Saat ini komputer bukan merupakan barang mewah yang hanya bisa dimiliki oleh kalangan tertentu. Komputer dapat digunakan dalam berbagai bidang. Bukan hanya untuk bisnis, pendidikan bahkan juga hiburan (hobi). Komputer sangat bermanfaat untuk hobi khususnya yang dilakukan secara manual sekarang telah dibuat versi virtualnya. Sehingga untuk melakukan hobi tersebut tidak dperlukan lagi banyak waktu dan biaya. Begitu banyak permainan yang dahulu hanya bisa dimainkan dengan cara manual sekarang bisa dimainkan dengan komputer. Rubik’s cube adalah sebuah permainan yang hanya bisa dilakukan dengan cara manual. Tetapi untuk pemula jika menggunakan cara manual maka memerlukan waktu dan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu, perlu dibuat sebuah terobosan baru yang dapat mengatasi kelemahan-kelemahan dari metode pembelajaran manual. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan membuat sebuah virtual rubik’s yang dapat menerjemahkan berbagai algoritma sehingga lebih mudah dipahami oleh pemula daripada menggunakan buku. Dalam pembuatan aplikasi virtual rubik’s ini penulis menggunakan Microsoft Visual Studio 2008 untuk membuat animasi dan menghubungkan aplikasi dengan database. Aplikasi ini menggunakan metode Old Pochmann yang sangat tepat digunakan oleh pemula yang ingin mempelajari metode menyelesaikan Rubiks dengan mata tertutup, Algoritma Old Pochmann dapat diterapkan dengan estimasi gerakan antara 250 sampai 350 gerakan. Selain itu pada aplikasi ini juga dilengkapi dengan tutorial yang cukup lengkap dan disisipkan pula kasus – kasus dasar yang sederhana sehingga mempermudah user untuk memahami konsep dari metode Old Pochmann. Kata kunci: Rubiks, cube, blindfolded, Old Pochmann, C#
Actions (login required)