Aprilianti, dini and Hendriawan, Akhmad and Oktavianto, Hary (2012) Alat Pembelajaran Huruf Hijaiyah Braille untuk Tuna Netra. In: Seminar Nasional Industrial Electronics Seminar, IES 2012, 24 oktober 2012, PENS, Surabaya.
Abstract
Selama ini pembelajaran huruf hijaiyah braille masih memerlukan bantuan orang lain untuk mengajarkan huruf hijaiyah. Namun demikian, alat bantu pembelajaran yang telah ada saat ini masih kurang efektif karena membutuhkan pendamping dalam penggunaanya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran elektronik yang prinsip kerjanya diadopsi dari kebiasaan tuna netra dalam membaca huruf, yaitu dengan menyentuh huruf pada alat serta dilengkapi output suara sebagai pengganti guru. Pada penelitian ini menggunakan solenoid untuk membentuk huruf braille dan menggunakan sensor sentuh untuk mendeteksi adanya sentuhan pada huruf. Ketika sensor disentuh maka mikrokontroler akan membaca data suara pada SDcard melalui komunikasi SPI. Data suara dari SDcard diolah oleh mikrokontroler menggunakan DAC menjadi sinyal suara. Penggunaan DAC sangat penting karena data suara yang tersimpan pada SDcard masih dalam bentuk digital. Untuk penyimpanan suara, alat bantu pembelajaran ini menggunakan SDcard. Berdasarkan data survei yang telah dilakukan, penelitian ini mempunyai tampilan huruf braille yang mudah dipelajari serta dilengkapi sinyal suara dengan frekuensi sampling 8kHz yang dapat terdengar jelas oleh pengguna. Sehingga 86% responden menyatakan bahwa alat Braille Trainer sangat membantu proses pengajaran dan pengenalan huruf Braille terhadap tuna netra.
Actions (login required)