Chabibi, Chabibi Aulia Rahman Al Hasmy and Fernando, Fernando Ardilla and SETIAWARDHANA, SETIAWARDHANA (2011) PENENTUAN PERAN DALAM ROBOT SEPAK BOLA DENGAN METODE FUZZY SUGENO. EEPIS Final Project.
| PDF Download (837Kb) | Preview |
Abstract
Makalah ini menggambarkan startegi bekerjasama dalam robot sepak bola. Satu tim terdiri atas 4 pemain, yaitu kiper dan 3 pemain tengah. Setiap pemain mempunyai kemapuan dasar seperti kemampuan untuk bergerak mandiri atau autonomous, kemampuan vision yang berfungsi untuk melihat daerah sekitarnya, kemampuan pencarian posisi dirinya atau self-location, kemampuan melacak objek, dan semua pemain dapat berkomunikasi untuk berbagi informasi yang didapat dari masing-masing pemain. Selanjutnya akan dilakukan penentuan peran menggunakan Fuzzy interference sistem dengan metode sugeno. Fuzzy akan menghasilkan output yang berbeda antar satu robot dengan memanfaatkan dua buah variabel fuzzy yang sudah dihitung sebelumnya berupa jarak dan sudut, perbandingan output fuzzy kemudian dikirimkan menggunakan komunikasi antar robot untuk mendapatkan hasil akhir berupa 4 peran pemain dan posisi setiap pemain di lapangan. Dari sepuluh percobaan sistem mencapai keberhasilan sebesar 90%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penentuan strategi permainan bekerja dengan baik menggunakan metode fuzzy. Perangkat lunak akan dijalankan menggunakan bahasa c dengan include tambahan dari eyesim simulator. Kata kunci : Robot sepakbola, Fuzzy sugeno, Eyesim
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Chabibi Chabibi Chabibi Aulia Rahman Al Hasmy |
Date Deposited: | 09 Aug 2011 11:55 |
Last Modified: | 09 Aug 2011 11:55 |
URI: | http://repo.pens.ac.id/id/eprint/1086 |
Actions (login required)
View Item |