PENS Repository

APLIKASI ACCELEROMETER SEBAGAI KENDALI (JOYSTICK) PERMAINAN BOLA SODOK BERBASIS MODUL GAME XGS AVR 8-BIT

Bagus Kusuma Firdaus, Bagus and Fernando Ardila, Nando and Dwi Kurnia Basuki , Dwi (2011) APLIKASI ACCELEROMETER SEBAGAI KENDALI (JOYSTICK) PERMAINAN BOLA SODOK BERBASIS MODUL GAME XGS AVR 8-BIT. EEPIS Final Project.

[img]
Preview
PDF
Download (491Kb) | Preview

    Abstract

    Penggunaan joystick sebagai kendali permainan yang dirasa kurang menarik dalam bermain game membuat para pengembang game mengembangkan kendali yang menggunakan sensor gerak. Sehingga bermain game akan lebih interaktif karena pemain juga ikut bergerak dalam bermain game. Pada tugas akhir ini akan dikembangkan kendali game menggunakan accelerometer sebagai pengganti joystick. Accelerometer adalah sensor yang dapat mendeteksi percepatan, kemiringan dan getaran sebuah benda. Accelerometer ini digunakan sebagai kendali permainan bola sodok yang dibangun pada modul game XGS AVR 8-BIT. Accelerometer dipakaikan pada pergelangan tangan pemain sehingga dapat mendeteksi percepatan pergelangan tangan pemain. Data keluaran dari accelerometer masih terdapat noise sehingga harus diberi filter. Pada tugas akhir ini akan dibandingkan filter Moving Average(MA) dan filter Gaussian dalam memfilter data keluaran dari accelerometer. Pemberian filter membuat data keluaran accelerometer akan lebih halus dan noise akan sedikit berkurang. Pada tugas akhir ini terdapat lima gerakan tangan pemain yaitu gerakan memukul bola, membelokkan tongkat ke kanan dan ke kiri dan menggerakkan tongkat ke kanan dan ke kiri. Pemberian filter akan berdasarkan gerakan dan data keluaran yang dihasilkan accelerometer. Secara garis besar, keberhasilan gerakan tangan terhadap pergerakan dalam permainan rata-rata sebesar 84 %. Hal itu bisa disebabkan beberapa faktor yaitu sinyal noise dalam data keluaran accelerometer, gerakan tangan yang sulit dan perlunya penyesuaian pada pemain dalam menggunakan accelerometer sebagai kendali permainan. Kata kunci: accelerometer, permainan bola sodok, modul game XGS AVR 8-Bit, filter MA, filter Gaussian

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
    Depositing User: Bagus Kusuma Firdaus
    Date Deposited: 09 Aug 2011 12:16
    Last Modified: 09 Aug 2011 12:16
    URI: http://repo.pens.ac.id/id/eprint/1108

    Actions (login required)

    View Item