Satia Budhi, Gregorius (2010) Model Rule: Multilevel And Multidimension Association Rule untuk Analisa Market Basket Pada PT. Maha Agung. Industrial Electronic Seminar.
| PDF - Submitted Version Download (260Kb) | Preview |
Abstract
PT. Maha Agung adalah sebuah perusahaan distribusi yang memiliki gudang distribusi tersebar di lima daerah yang berbeda. Karena besarnya area pasar, perusahaan bukan hanya membutuhkan informasi keterkaitan antara produknya saja, akan tetapi juga faktor waktu, wilayah pemasaran, profil pelanggan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu model rule stardart yang dihasilkan oleh metode analisa market basket, yaitu: single level, multilevel serta multidimesion association rule tidak dapat digunakan. Pada penelitian ini diusulkan untuk mengkombinasi dua macam model rule, yaitu: Multilevel Association Rule serta Multidimesion Association Rule menjadi bentuk lain. Aplikasi yang dibuat pada penelitian ini menghasilkan sebuah model association rule baru yang kita namakan "Multilevel And Multidimension Association Rule". Pemanfaatan model association rule baru ini untuk menjawab kebutuhan PT. Maha Agung ini terbukti tepat. Hal ini dapat dari hasil kuisioner calon pemakai yang cukup baik, yaitu sebesar 89.6%. Kata Kunci: Data Mining, Analisa Market Basket, Multilevel And Multidimension Association Rule
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Ms Dwi Darmi |
Date Deposited: | 14 Mar 2011 19:23 |
Last Modified: | 28 Mar 2011 22:35 |
URI: | http://repo.pens.ac.id/id/eprint/14 |
Actions (login required)
View Item |