PENS Repository

Penyelesaian Jalur Terpendek dengan menggunakan Algoritma Flood Fill pada Line Maze

Hendriawan, Akhmad (2010) Penyelesaian Jalur Terpendek dengan menggunakan Algoritma Flood Fill pada Line Maze. Industrial Electronic Seminar.

[img]
Preview
PDF
Download (879Kb) | Preview

    Abstract

    Flood fill adalah metode yang umum digunakan untuk menyelesaikan maze dalam bentuk dinding . dan sangat jarang digunakan untuk menyelesaikan maze dalam bentuk garis. Pada paper ini diimplementasikan algoritma flood fill pada line follower robot untuk melakukan pencarian jalur dari tempat awal menuju tempat tujuan dalam suatu lingkungan terkontrol berupa maze dalam bentuk garis. Algoritma ini bekerja dengan mengisi sebuah area dengan penanda tertentu. Pada tahap awal algoritma ini akan membagi suatu area, menjadi sub-sub area yang lebih kecil, yang dapat didefinisikan sebagai suatu matrik. Kemudian mengisi sub-sub area tersebut dengan sebuah nilai awal, dimana nilai ini merupakan perhitungan awal untuk jarak dari masing-masing area tersebut dari titik tujuan. Nilai ini akan di-update sesuai dengan kondisi line maze yang dihadapi, sehingga nilai dari tiap area ini akan sesuai dengan kondisi lapangan (maze) yang dihadapi. Pada praktek di line follower robot secara langsung algoritma ini telah dapat berjalan dengan tingkat keberhasilan 80%. Manfaat dari penelitian kali ini adalah pengembangan kecerdasan buatan dalam bidang robotika, khususnya dalam hal maze maping dan path finding pada line follower robot. Kata kunci—line follower robot, maze maping, flood fill, update, path finding

    Item Type: Article
    Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
    Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
    Depositing User: Ms Mellissa Andayani
    Date Deposited: 14 Mar 2011 20:53
    Last Modified: 31 Mar 2011 22:40
    URI: http://repo.pens.ac.id/id/eprint/55

    Actions (login required)

    View Item