Rizcky , Ardiansyah and Nana , Ramadijanti and Fernando , Ardilla (2009) KENDALI GAME TETRIS MENGGUNAKAN GERAKAN TANGAN. EEPIS Final Project.
Full text not available from this repository.Abstract
Game Tetris merupakan salah satu game lama yang masih exist sampai sekarang. Game ini pertama kali muncul dalam mesin GameWatch yang masih mengandalkan tampilan hitam putih, kemudian muncul kembali dalam mesin Nintendo yang sudah mengandalkan tampilan grafis yang lebih bagus, yakni dengan adanya perbedaan warna untuk setiap objek. Seperti kita ketahui bahwa game Tetris ini menggunakan joystick, atau keyboard untuk dapat memainkannya. Namun pada proyek akhir ini, penulis menawarkan metode baru yakni dengan menggunakan gerakan tangan sebagai kendali-nya dan tentunya kita tidak memerlukan keberadaaan keyboard atau joystick sebagai pengendalinya. Tujuan dari pembuatan proyek akhir ini adalah membuat suatu aplikasi yang memudahkan user untuk memainkan game Tetris tanpa bantuan joystick atau keyboard, tetapi menggunakan gerakan tangannya sendiri. Untuk menyelesaikan proyek akhir ini kami menggunakan kamera sebagai alat bantu untuk menangkap gerakan tangan pemain. Selanjutnya gambar tersebut akan diproses untuk mendeteksi warna kulit dengan menggunakan metode peer model. Sedangkan untuk mendeteksi tangan user, penulis menggunakan metode HaarClassifier yang sebelumnya dilakukan training terlebih dahulu. Setelah mendapatkan obyek yang dimaksud, tangan, langkah selanjutnya adalah melakukan segmentasi window yang akan menentukan gerakan pada game tetris. Semua proses tersebut kami lakukan di pemograman C/C++ dan library OpenCV. Metode lain yang mungkin dipakai adalah : motion detection, contour matching. Hasil percobaan menunjukkan bahwa skin detection dengan menggunakan metode peer berhasil diimplementasikan jika terdapat cahaya yang cukup. Jika digabungkan dengan hand detection, terdapat beberapa error yang terjadi terutama jika bagian tangan yang dideteksi adalah kepalan tangan. Jika kepalan tangan yang akan dideteksi oleh system, maka hasil akan optimal jika tidak digabungkan dengan skin detection.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Mr Rony Ponti |
Date Deposited: | 29 Jul 2011 14:54 |
Last Modified: | 29 Jul 2011 14:54 |
URI: | http://repo.pens.ac.id/id/eprint/945 |
Actions (login required)
View Item |